Museum House Of Sampoerna di Surabaya

Weekend hari itu bingung mau kemana, akhirnya saya coba untuk contact sama temen-temen lama yang memang sudah lama tidak meet up, intinya weekend hari itu mau mencoba suasana baru di kota Surabaya, untuk orang kota yang tinggal di Surabaya biasanya menghabiskan waktu-waktu luang untuk ke Mall karena memang di Surabaya ini kemana-mana mall dengan masyarakatnya yang modern. pastinya weekend ini bosan kalau harus terus pergi ke Mall yang isinya itu-itu saja, setiap libur / akhir pekan tujuannya hanya ke Mall. Destinasi di Surabaya ini hanya beberapa untuk berwisata kebanyakan kalau long weekend bisa keluar kota tapi berhubung weekend hanya dua hari saya dan teman-teman mencari wisata yang ada di sekitar Surabaya saja, dan akhirnya pilihan jatuh pada Museum House Of  Sampoerna , kebetulan belum pernah kesana akhirnya siang itu juga kami berempat berangkat. FYI saja House Of Sampoerna terletak di kawasan 'Surabaya Lama' yaitu di Taman Sampoerna 6 , Surabaya, Jawa Timur. Buka Mulai Pukul 9 pagi sampai 10 Malam. ya berhubung di daerah situ sepi kalau malam mungkin sebaiknya jangan terlalu malam kalau berkunjung kesana. 


photo from Google (this one's not mine)


Museum House Of Sampoerna menawarkan banyak sekali pengetahuan baru yang mungkin kita bisa peroleh disana Mulai dari cerita tentang keluarga pendiri , cara-cara manual memproduksi rokok, koleksi Mesin-Mesin sampai koleksi-koleksi foto dan Barang-Barang antik yang bisa kita jumpai disana. Suasana ruangan yang bau khas tembakau juga melengkapi suasana di dalam gedung tua itu.


Foto-Foto dibawah ini merupakan koleksi saya ketika mengambil gambar di HOS











Fasilitas lainnya yang ada di HOS / House of Sampoerna ini ada Musholla, Toilet serta ada juga Cafe dan Souvenir-Souvenir yang mungkin bisa kita beli dan bawa pulang untuk buah tangan.
Sebenarnya letak bangunan di HOS ini sedikit masuk di daerah sepi, dekat dengan Tugu Pahlawan dan Bank Indonesia. Letaknya tidak jauh juga dengan Jembatan Merah Plaza. 
Satu lagi, hal yang ditawarkan di Museum HOS adalah keliling Surabaya gratis yang dikemas dalam acara 'Surabaya Heritage Track'. Untuk jadwal bus yang mengangkut para wisatawan dimulai pada pukul 09.00-10.00 WIB, 13.00-14.00 WIB, 15.00-16.00 WIB.
Photo from detiktravel (this one is not mine)

Another Photos


Menurut Saya HOS merupakan Museum unik yang wajib untuk dikunjungi, Serta terdapat sekali banyak objek yang dapat kita dapatkan bagi pecinta Photography :D 


PS. Foto-foto diatas di ambil menggunakan kamera HP bukan kamera DSLR dsb, xo






xx  End xx









0 comments