Cara Membuat CD/DVD Label dengan Corel Draw X4

Hello :D it's been 4 or 5 months since I've been written my last note ._. idk, forget it. I've been so busy all the time :O i have no time to blogging anymore. So, mumpung ada kesempatan blogging di sela sela deadline tugas akhir yang harus cepet selesai, saya mau posting cara membuat CD / DVD label dengan Corel Draw X4 atau versi lainnya juga bisa ( Untuk semua versi corel draw ) . Ini berdasarkan pengalaman buat CD label yang entah bagaimana bisa melenceng atau tidak pas CD nya waktu di print. Akhirnya berbekal rasa ingin tau yang mendalam coba coba buat ngubek artikel seisi google yang ngebahas tentang cara membuat CD Label. dan berdasarkan eksperimen saya akhirnya berhasil juga buat CD Label :D Let's check this >


- Langkah pertama harus buka Corel Draw xD buat new blank document. dan ubah ukuran yang semula inches ke cemtimeter ( ada di pojok kanan atas )


- Kemudian ubah ukuran kertas (setiap kertas CD label berbeda beda ukurannya, coba ukur dulu punya anda) >

- Selanjutnya, Buat 3 buah lingkaran yang masing masing ukurannya beda, jangan lupa center to page objeknya. >


- Nah langkah selanjutnya design CD Label nya, kalo punya saya terlebih dahulu di design di photoshop baru di import ke corel draw xo ukurannya 12x12 cm


- kemudian klik effects, power clip, place inside container... untuk mengedit bagian yang kurang tepat/pas klik effects, powerclip,edit contents


- Duplikat (CTRL+D) untuk menggandakan objek, kenudian atur ukuran kanan dan kiri sesuai ukuran kertas agar fit to paper ( punya saya 0.5 cm )

- Langkah selanjutnya adalah print, sebelum di print atur dulu paper size nya. saya setting paper size printer saya seperti ini >


Print and DONE :)


PS : SETIAP KERTAS / PRINTER UKURAN DAN SETTINGANNYA BERBEDA BEDA, MOHON DI UKUR/CEK TERLEBIH DAHULU AGAR SAAT DI PRINT TIDAK MELENCENG. 

Sekian tutorial berdasarkan pengalaman saya. Good luck for ya! ;)


punya gue nih x3 >

last but not least, bisa juga lho edit dengan software Acoustica CD LABEL, Hasilnya sama aja kok, tapi mungkin dengan software Acoustica ini lebih gampang/simpel.




Nah kalau yang kurang paham/masih bingung dengan cara cara di atas bisa komen atau langsung tanya ke ask.fm ya  mention ke twitter juga boleh .__. :v 

 Merci :)











1 comments